//
FOSS ADALAH SOLUSI TERBAIK

(OLeh : Khadafi Zubaidi, S.Kom*)

FOSSOpen Source atau yang biasa kita kenal sebagai sumber daya terbuka, yang dulu menjadi alternatif  bagi para pengguna teknologi yang tidak bisa membeli atau mendapatkan perangkat lunak /software berbayar kini menjadi jawara di dunia teknologi. Jika dulu para pengembang terhambat dalam pengembangan software karena harus mengeluarkan biaya mahal untuk membeli software berbayar dalam proses development mereka, kini masalah itu hampir sudah bisa diatasi dengan adanya solusi menggunakan produk-produk open source.

Open Source datang membawa solusi bagi para penggiat teknologi, baik user maupun para pengembang. Bayangkan saja kini hampir semua orang tau tentang teknologi Android yang merupakan salah satu system operasi open source  yang dikembangkan oleh Google. Itu hanya sebagian kecil contoh dari pesatnya perkembangan teknologi open source saat ini. Kesadaran akan pentingnya berbagi satu sama lain yang mendasari munculnya open source. Hal ini juga yang mendorong banyaknya komunitas yang memperjuangkan budaya open source ini.

PAK DAFIDi Indonesia sendiri komunitas open source tumbuh menjamur, bahkan pemerintah sendiri tengah gencar-gencarnya melakukan kampanye open source, salah satu kampanye open source di Indonesia yang paling dikenal adalah Indonesia, Go Open Source. Dimana kampanye ini memberikan solusi bagi pemerintah daerah untuk menekan anggaran biaya pembelian Piranti lunak yan jumlahnya terlampau besar. Dengan adanya solusi Open Source ini pemerintah bisa mengalokasikan biaya pembelian anggaran piranti lunak ke hal lain yang lebih berguna.

Sebuah komputer yang dilengkapi program MS Windows XP Home dengan MS Office, paling tidak kita memerlukan anggaran Rp. 3.200.000,- Kalau dengan perhitungan tersebut dapat dibayangkan berapa anggaran yang dibutuhkan oleh Pemerintah Daerah apabila terdapat 50 SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) dan masing-masing memiliki 10 unit komputer. 500 unit komputer dikalikan dengan Rp. 3.200.000.

Demikian tingginya anggaran yang dibutuhkan untuk belanja software tersebut, dalam perjalanannya menimbulkan praktek-praktek pembajakan atau penggunaan software secara ilegal . Berdasarkan “Studi Pembajakan Software Global 2010” oleh BSA dan IDC (sumber :http://www.infokomputer.com, Senin 16 Mei 2011); 87% komputer di Indonesia terinstal aplikasi ilegal, kerugian diperkirakan US$1.32 Milyar. Dan trend-nya menunjukkan prosentasi pembajakan tersebut meningkat dari tahun ke tahun. Menurut data IDC, Indonesia merupakan negara terbesar ke-12 sebagai pembajak software (OKzone, 12 Mei 2009);

Mensikapi kondis tersebut, Pemerintah telah mengambil langkah-langkah diantaranya mengeluarkan Surat Edaran Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor : 05/SE/M.KOMINFO/10/2005 tentang Pemakaian dan Pemanfaatan Penggunaan Piranti Lunak di Lingkungan Instansi Pemerintah. Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor SE/01/M.PAN/3/2009 tentang pemanfaatan Perangkat Lunak Legal dan Open Source Software (OSS).

Namun, usaha migrasi ke Free Open Source Software (FOSS) bukanlah tanpa hambatan. Hal tersebut dikarenakan kebanyakan dari kita masih berada di “zona nyaman”. Kita masih belum melakukan eksplorasi lebih mendalam tentang FOSS. Para pengguna FOSS sebenarnya tidak perlu khawatie karena segala fitur yang dimiliki oleh Microsoft, dimiliki pula oleh FOSS. Pengguna FOSS hana perlu membiasakan diri saja, karena penamaan, pemberian simbol, berbeda dengan Micrisoft. Penggunaan kombinasi penekanan tombol keyboard semisal CTRL + N untuk membuka dokumen/lembar kerja baru atau CTRL + O untuk membukan file yang telah disimpan sebelumnya pada media penyimpanan juga dikenal pada FOSS. Selain daripada itu diperlukan usaha pengenalan penggunaan FOSS secara terus menerus kepada masyarakat.

Masih ragu kalo Open Source itu adalah solusi terbaik? simple saja, mungkin sekarang anda sedang berselancar di internet menggunakan Mozzila Firefox ataupun Google Chrome. Nah itu adalah salah satu contoh produk open source yang paling banyak digunakan dimasyarakat seluruh dunia sekarang ini. Tidak perlu membayar, anda sudah mendapatkan dukungan penuh dengan fitur-fitur canggih untuk menunjang kinerja anda di dunia online.

(Penulis adalah Dosen Pemrograman di AMIKOM Mataram Cab. Taliwang)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Desember 2016
S S R K J S M
« Jan    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Statistik Blog

  • 18,524 dilihat
%d blogger menyukai ini: