//
you're reading...
Uncategorized

yuk! JADI PENGUSAHA

 IMG_0107(12/9) Huff…ternyata belum mulai. Padahal ini udah lewat setengah jam dari jadwal yang ditentukan, pukul 08.00 wita. Penulis bersama-sama dengan peserta lainnya sempat merasa sudah terlambat untuk ikut dalam kesempatan yang cukup langka ini, “PELATIHAN ENTREPRENEURSHIP”. Namun ternyata acara ditunda hingga 2 jam kemudian baru dimulai karena sesuatu dan lain hal.

Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama antara Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa Barat (Pemda KSB), LRP2M Universitas Cordova Indonesia dan PT. Newmont Nusa Tenggara. Bertempat di Auditorium Al-Hamra Undova Indonesia, Peserta yang mendaftar untuk mengikuti kegiatan ini tadinya sekitar 400 orang dengan komposisi 75 % dari Pegawai Tidak Tetap dan Sukarela Pemda KSB dan 25% dari masyarakat umum. Namun kenyataan berkata lain, peserta yang hadir pada Seleksi hari ini kurang dari 100 orang. Penulis harap-harap cemas “jangan-jangan kegiatannya gak jadi nih!” karena panitia menargetkan 100 orang yang akan terseleksi dari 400 orang pendaftar dengan asumsi seluruh pendaftar hadir saat seleksi.

Berdasarkan sambutan ketua panitia kegiatan ini, “Pelatihan Entrepreneurship ini akan melalui beberapa tahapan. Tidak seperti pelatihan-pelatihan sejenis yang pernah dilaksanakan. Kali ini peserta yang terseleksi akan benar-benar diberi kesempatan untuk mendapat bimbingan dan binaan dari panitia pelaksana yang mencakup aspek teknis, manajerial, hingga ke praktek nantinya. Kami memiliki waktu 4-5 bulan untuk membina, minimal merubah mindset, pola pikir dan sikap mental peserta untuk menjadi seorang entrepreneur sejati” paparnya seraya menutup sambutannya.

IMG_0105Wakil Rektor Undova Indonesia, Ust. Amir Ma’ruf Husein, S.Pdi.,MM dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan salah satunya yaitu untuk merubah paradigma masyarakat dan tenaga kerja yang ada di KSB tentang suatu pekerjaan. Dimana pola pikir yang berkembang saat ini adalah seseorang bisa dikatakan memiliki pekerjaan jika seseorang itu memakai atribut ataupun seragam dan bekerjanya di kantor. “Mindset ini harus kita ubah untuk menjawab kebutuhan tenaga kerja terhadap lapangan kerja.  Setiap tahunnya ada cukup banyak sarjana-sarjana atau lebih tepatnya disebut Pengangguran Terdidik yang dihasilkan oleh  lembaga-lembaga pendidikan yang ada di daerah ini belum lagi lulusan dari luar KSB” ujarnya lagi. Banyak asumsi masyarakat yang mengatakan bahwa dengan belajar di pendidikan tinggi akan mudah dalam mendapat pekerjaan, padahal  tidak bisa menjamin 100% hal itu dapat terwujud.

Sambutan dari Asisten II mewakili Bupati Kab. Sumbawa Barat, Drs. Nurdin, MH tak kalah menariknya. “Sosialisasi tentang Pelatihan ini kurang berhasil menurut saya karena ada sebagian Pegawai Tidak Tetap dan Sukarela Pemda KSB yang takut jika ikut dalam kegiatan ini maka akan dipecat dari pekerjaannya sebagai PTT ataupun Sukarela Pemda KSB. Pelatihan ini seolah menjadi momok yang menakutkan bagi mereka terhadap kemungkinan akan kehilangan pekerjaannya. Padahal menjadi entrepreneur itu harus lahir dari motivasi diri yang kuat. Gak pake dipaksa-paksa!!. Sementara bila kita bandingkan antara PTT ataupun sukarela yang penghasilannya 400-600 ribu per bulannya dengan wirausaha yang bisa menghasilkan 4 hingga 5 kali lipat dari  penghasilan mereka sebagai PTT ataupun sukarela, tentu saja akan lebih menjanjikan. Gimana bisa disiplin kalo gajinya cuma 400 ribu?? Uang bensin untuk ke kantor pun masih nodong ke orang tua?! sangat jauh dari kriteria sejahtera.” ujarnya disambut tawa dan senyum dari peserta pelatihan.

Setelah acara pembukaan, Kegiatan Pelatihan diawali dengan mengadakan seleksi terlebih dahulu. Soal-Soal tes yang dikerjakan peserta memuat lebih kurang tentang minat, bakat dan kemampuan peserta terhadap suatu pekerjaan. Seleksi ini menurut penulis lebih kepada pemetaan kemampuan dan minat peserta dimana didalamnya mencakup hampir semua bidang pekerjaan baik seni, bisnis, tata kelola dokumen dan keuangan dan sebagainya. Setelah tahap seleksi akan ada tahap-tahap selanjutnya yang akan ditempus peserta hingga menghasilkan entrepreneur-entrepreneur yang kompeten di bidangnya masing-masing. Semoga langkah ini menjadi langkah awal kita dalam menjawab persoalan lapangan kerja yang ada di Kab. Sumbawa Barat.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

September 2013
S S R K J S M
« Agu   Okt »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Statistik Blog

  • 18,524 dilihat
%d blogger menyukai ini: