//
you're reading...
umum, Uncategorized

Ketua RT pun Diundang Berkunjung ke PT. NNT

IMG_0038(9/4) Siapa pun yang pernah berkunjung ke Perusahaan Pertambangan PT. NNT pasti tidak akan melupakan kesan pertama yang didapatnya saat melihat langsung lokasi tersebut. Lokasi pertambangan minerba yang telah cukup lama beroperasi di Propinsi NTB ini seolah mengandung magnet bagi siapa saja untuk berkunjung dan melihat bagaimana besarnya lubang hasil galian ribuan alat berat yang setiap saat mengangkut isi perut bumi Sumbawa Barat ini. Tak urung lokasi pertambangan yang berada di Kecamatan Sekongkang Kab. Sumbawa Barat ini telah menjadi salah satu destinasi wisata.

Biasanya para tamu yang mengunjungi lokasi pertambangan ini berasal dari luar daerah yang penasaran dengan keindahannya yang banyak disiarkan di media-media elektronik maupun cetak. Kali ini PT.NNT dikunjungi oleh para Ketua RT dan Kepala Lingkungan yang ada di lingkup Kelurahan Arab-Kenangan Kecamatan Taliwang. PT. NNT mengundang para Ketua RT, Kepala Lingkungan dan staf aparatur Kelurahan Arab-Kenangan(Arken) ini sebagai wujud dari program perusahaan ini untuk memperkenalkan dan mensosialisasikan proses pengelolaan lingkungan lingkar tambang, pemberdayaan masyarakat dan proses pengelolaan hasil bumi yang bernilai tinggi itu.

Para Ketua RT, Kepala Lingkungan dan staf kantor Kelurahan Arken ini menumpang Bus dari Taliwang yang telah disediakan olehIMG_0030 Perusahaan menuju Lokasi yang ada di Kecamatan Sekongkang. Sebelum memasuki lokasi pertambangan mereka terlebih dahulu diajak berkeliling di Pelabuhan Benete, dimana lalulintas hasil produksi dan bahan baku diangkat dan diturunkan dari kapal-kapal pengangkutnya. Hermawan, salah satu ketua RT yang ikut dalam kunjungan itu menuturkan bahwa ini adalah untuk pertama kali baginya dan rekan-rekan sesama ketua RT diundang oleh salah satu Perusahaan Pertambangan Emas terbesar di dunia ini untuk melihat langsung proses pengolahan emas dan tembaga mulai dari pengelolaan bahan baku, penggunaan bahan bakar batu bara, Mesin-mesin raksasa penghancur bebatuan  hingga menjadi pasir, dan sebagainya. Selain meninjau langsung proses pengelolaan minerba itu para “tamu istimewa” ini juga diajak untuk sharing informasi tentang segala sesuatu yang menjadi isu lingkungan hidup dan Pemberdayaan masyarakat lingkar tambang.  pengembangan dan pemberdayaan masyarakat dan lingkungan oleh PT. NNT.

“Baru kali ini saya liat langsung lubang raksasa (lubang pit) sebesar ini..”ungkapnya antusias. “warna cairan asam yang ada di dalamnya hijau kebiru-biruan, indah sekali!! Subhanallah…tapi saya jd berpikiran, ini lubang apa mau ditutup dengan tanah lagi jika seandainya tambang ini selesai beroperasi??. Saya ragu untuk bertanya saat sharing tadi..”katanya sedikit pesimis.

Lain lagi dengan Ahmad, salah satu anggota rombongan yang berusia lanjut itu memaparkan kesan yang dialaminya. “Setelah sekian lama perusahaan ini beroperasi di tanah kelahiran saya, baru kali ini di sepanjang umur saya yang setua ini melihat langsung kendaraan-kendaraan raksasa yang lalu lalang mengangkut tanah dan bebatuan. Selama ini saya hanya bisa lihat dari Handphone anak dan cucu saya.. Alhamdulillah saya masih diberi umur panjang untuk melihat langsung” ujarnya terharu

Kesan-kesan yang dialami oleh anggota rombongan yang lain, tak berbeda jauh dengan yang dialami oleh keduanya. Luar Biasaa…seru mereka mantap!!!

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

April 2013
S S R K J S M
« Mar   Mei »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Statistik Blog

  • 18,524 dilihat
%d blogger menyukai ini: