//
you're reading...
Uncategorized

BINTEK PENGELOLA PERPUSTAKAAN DESA/KELURAHAN

(5/11) Dalam rangka menumbuhkan budaya cinta membaca pada generasi muda terutama bagi wilayah-wilayah pedesaan dan kelurahan Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat menggelar Bimbingan Teknis Pengelola Perpustakaan Desa/Kelurahan yang bertempat di Aula Kantor Camat Taliwang. Penulis merupakan salah satu peserta yang mengikuti kegiatan yang diselenggarakan beberapa waktu lalu oleh Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah  Kab. Sumbawa Barat.

Bintek ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan bagi Pengelola Perpustakaan Desa dan Kelurahan dalam mengelola dan berkreasi untuk menciptakan terobosan-terobosan untuk menumbuhkan minta baca bagi warga Desa setempat. Tahun 20120 lalu, Perpustakaan Desa Kalimantong yang untuk sementara waktu masih ditempatkan di Kantor Desa telah mendapatkan bantuan dari Perpustakaan Propinsi NTB berupa 1000  exemplar buku dengan 500 judul. Buku-buku ini terdiri dari berbagai macam judul buku yang menyangkut berbagai ilmu pengetahuan misalnya, pertanian, peternakan, kerajinan, teknologi komputer dll.

Dasar diadakannnya kegiatan ini adalah Undang-Undang Nomor 54 Tahun 1957 tentang Perpustakaan Daerah. Kegiatan dipandu oleh tutor dari Badan Arsip dan Perpustakaan Propinsi NTB. Adanya perpustakaan ini nantinya diharapkan untuk menjadi faktor utama dalam memajukan masyarakat desa. Dengan membaca, masyarakat akan memiliki pengetahuan sebagai bekal untuk menciptakan kreativitas dan terobosan penting yang mampu mendorong kemajuan pembangunan sumber daya manusia yang tentu saja akan tercipta pembangunan yang berkesinambungan dan bermanfaat bagi warga desa.

Karena perpustakaan desa masih menumpang di Kantor Desa Kalimantong, Karang Taruna Kalimantong bersama-sama dengan Pemerintah Desa berencana akan memindahkan lokasi perpustakaan desa ini ke lokal base camp Kampung Media “Komedik” Brang Ene. Hal ini merupakan rencana awal di Tahun yang akan datang dalam rangka pemberdayaan masyarakat yaitu dengan membangun “Rumah Pintar”. Rumah Pintar ini nantinya selain berisi buku-buku perpustakaan desa, juga akan menjadi pusat kegiatan pemuda baik teknologi maupun pelestarian budaya. Hal ini dilakukan untuk menumbuhkan rasa kebersamaan dan gotong royong antar pemuda dalam rangka menciptakan kreasi dan karya yang bermanfaat bagi masyarakat bahkan harus mampu mendorong kemajuan masyarakat desa Kalimantong melalui kreativitas dan karya-karya terbaik mereka.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

November 2012
S S R K J S M
« Okt   Feb »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Statistik Blog

  • 18,524 dilihat
%d blogger menyukai ini: