//
you're reading...
Uncategorized

SILATURRAHMI LEMBAGA ADAT TANA SAMAWA ANO RAWI di KECAMATAN BRANG ENE

(3/10) Beberapa waktu lalu  Lembaga Adat Tana Samawa Ano Rawi (LATS Ano Rawi) bersilaturahmi dengan pengurus di  Kecamatan Brang Ene yang bertempat di Kantor Camat Brang Ene. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka  identifikasi budaya dan adat Samawa yang ada di Kecamatan Brang Ene.

Kegiatan ini  dihadiri oleh Pengurus LATS Kabupaten Sumbawa Barat, Camat Brang Ene, dan semua Kepala Desa Se-Kecamatan Brang Ene, serta Pemangku Adat atau singkatnya  Pengurus LATS Kecamatan Brang Ene. Acara dibuka oleh Camat Brang Ene, Usman, HI secara resmi. Dalam sambutannya ia mengucapkan terima kasih kepada LATS Kabupaten Sumbawa Barat atas kegiatan silaturrahmi. “Siang ini, jujur saja saya katakan bahwa selama terbentuk Pengurus LATS Kecamatan hingga saat ini kami belum pernah melaksanakan pertemuan sama sekali. Saya berharap kepada Pengurus Kabupaten yang hadir dalam kegiatan ini agar dalam kegiatan ini nanti dapat dijelaskan tugas dan fungsi dari masing – masing bidang yang ada dalam struktur kepengurusan di Tingkat Kecamatan. Hal ini dimaksudkan agar supaya bisa bekerja sesuai dengan harapan dan keinginan kita semua.”

Camat juga mengingatkan dan memerintahkan kepada seluruh Kepala desa yang ada di Kecamatan Brang Ene, agar segera membentuk pengurus Lembaga Adat Tanah Semawa Tingkat Desa. H. Abdul Hamid,S.Pd.M.Pd selaku Seksi Bagian Riset dan Pengembangan Adat Samawa mengatakan bahwa kegiatan silaturrahmi ini bertujuan mengidentifikasi Budaya – budaya yang ada di wilayah kecamatan bahkan yang ada di desa-desa yang mana kegiatan ini sudah kami lakukan di semua kecamatan. Kecamatan Brang Ene adalah Kecamatan terkahir yang kami kunjungi dalam kegiatan ini. “Hasil dari kegiatan ini akan menjadi bahan kami dalam Musyawarah Adat (rapat kerja) yang insyaAllah akan dilaksanakan pada pertengan Oktober 2012 nanti. Ia  menambahkan tentang pembahasan kegiatan tahunan, serta penggabungan kapasitas budaya yang ada di Tanah Samawa ini khususnya di KSB.  Agus Irwan Sahmi dalam sambutannya mengatakan bahwa “arti penting keberadaan LATS  ini adalah Lembaga Adat Tana Samawa adalah pencerminan identitas diri tau dan tana samawa dalam menunjukkan eksistensi sebagai bagian dari wilayah nusantara  dan bagian dari masyarakat global. Lembaga Adat Tana Samawa melaksanakan penelitian, pengkajian, dan penulisan, serta penerbitan tentang berbagai aspek budaya / adat istiadat tau tana samawa; yang antara lain meliputi : (1) Bahasa Dan Sastra Daerah, (2) konsep dasar tentang adat bersendikan syara’ dan syara’ bersendikan kitabullah; (3) sejarah daerah; (4) upacara adat, (5) pakaian adat, (6) sejarah dan hukum adat, (7) gelar adat, (8) seni dan permainan rakyat, (9) ragam hias / ornamental; (10) etika dan dialog antar budaya di tana samawa; (11) dalam loka sebagai cerminan kearifan dan kebesaran budaya; (12) gerakan lingkungan sebagai gerakan budaya dan kebudayaan. Keseluruhan aspek budaya/adat istiadat tersebut selanjutnya akan menjadi referensi pokok dalam pengembangan dan pelestarian nilai-nilai dalam lingkup budaya dan kebudayaan tau tana samawa.

Setelah dilaksanakan diskusi yang dipimpin langsung oleh Pengurus LATS Kabupaten,  acara diakhiri dengan penyerahan dana Stimulan oleh  H.Abdul Hamid,S.Pd.M.Pd untuk Pengurus LATS Kecamatan Brang Ene Sebesar Rp.1.000.000 ( Satu Juta Rupiah ), yang diterima langsung oleh Ketua LATS Kecamatan Brang Ene Yakni Bapak H.Sarirang HH.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Oktober 2012
S S R K J S M
« Sep   Nov »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Statistik Blog

  • 18,524 dilihat
%d blogger menyukai ini: