//
you're reading...
Uncategorized

KOMINFO ADAKAN UJIAN AMATIR RADIO

(3/10) Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sumbawa Barat melalui Bidang Kominfo melaksanakan ujian Amatir Radio bagi Anggota ataupun Calon Anggota ORARI yang ada di Kabupaten Sumbawa Barat beberapa waktu lalu. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Pembentukan ORARI Lokal (ORLOK) Kabupaten Sumbawa Barat berhubung Kabupaten ini belum memiliki ORLOK sendiri.  Bagus S. Susanto, S.IP, Kepala Seksi Informatika Bidang Kominfo selaku Panitia dalam kegiatan ini menjelaskan “kami  sudah berkonsultasi dan berkoordinasi dengan ORARI Lokal Kabupaten Sumbawa dan ORARI Daerah NTB di Mataram tentang Pembentukan ORARI LOKAL di Kabupaten Sumbawa Barat. Untuk membentuk ORARI Lokal ini kami harus memiliki anggota aktif minimal 50 orang. Kami menyebutnya anggota aktif karena anggota harus memiliki kartu tanda anggota yang masih berlaku dan persyaratan-persyaratan lainnya yang telah ditentukan oleh ORARI Daerah NTB. Oleh karena itu, kami melaksanakan ujian ini salah satunya adalah karena kami harus bisa memenuhi quota yang sudah ditentukan oleh ORDA NTB”.

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Baitussyakur, Pondok Pesanren Al-Ikhlas Kecamatan Taliwang yang diikuti oleh 120 peserta yang berasal dari Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten sumbawa Barat. Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari dimana pada hari pertama diadakan pembekalan bagi calon anggota yang akan mengikuti ujian keesokan harinya. Pembekalan diisi dengan pengenalan tentang Organisasi Radio Amatir Republik Indonesia yang disampaikan oleh Januar Indriarto, dari ORARI Daerah NTB. Selain pengenalan organisasi, pada pembekalan ini juga diberikan kisi-kisi soal ujian kepada peserta sebagai bahan untuk dipelajari dirumah.

Hari Kedua, sebelum ujian dimulai didakan pembukaan acara secara resmi oleh Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika yang diwakili oleh Kepala Bidang Komunikasi dan Informatika, Najamuddin Amy, S.Sos.,MM. Dalam sambutannya ia mengatakan bahwa moment ini merupakan moment yang sangat baik selain untuk menjaga silaturahmi juga sebagai ajang transfer ilmu dan pengalaman dari para Senior atau Pengurus ORARI Daerah NTB dan ORARI Lokal Kabupaten Sumbawa kepada peserta calon anggota Orari Lokal Kabupaten Sumbawa Barat yang sebagian besar belum mengerti akan pentingnya komunikasi radio dewasa ini.

“Insyallah, pada Harlah Kabupaten Sumbawa Barat yang ke-9 nanti (20 November 2012-red), Orari Lokal Kabupaten Sumbawa Barat akan dilaunching untuk diperkenalkan kepada masyarakat bahwa Orari Lokal di Kabupaten Sumbawa Barat telah dibentuk. ini untuk memacu dan memotivasi rekan-rekan amatir radio yang sebelumnya tidak tertib menjadi tertib baik secara administrasi maupun teknisnya. Kami sangat berharap banyak dari dibentuknya Organisasi ini mengingat salah satu mata rantai komunikasi kami di daerah terpencil yang tidak terjangkau sinyal operator seluler adalah komunikasi radio. Melalui radio inilah nantinya keterbatasan dan kesenjangan informasi yang masih terjadi di Daerah ini akan dapat diminimalisir bahkan hilang sama sekali” ungkapnya lagi

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Oktober 2012
S S R K J S M
« Sep   Nov »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Statistik Blog

  • 18,524 dilihat
%d blogger menyukai ini: