//
you're reading...
Uncategorized

INTERNET SEHAT DI SMKN 1 MALUK

(22/5) Dalam rangka penyebarluasan informasi dan pengenalan teknologi komunikasi dan informasi kepada siswa dan pelajar yang ada di Kab. Sumbawa Barat, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika melalui Bidang Komunikasi dan Informatika melaksanakan Sosialisasi Internet Sehat dan Aman ke siswa/pelajar yang ada di Kabupaten Sumbawa Barat. Kegiatan diawali di 3 Kecamatan, yaitu Kecamatan Jereweh, Maluk dan Sekongkang. Kegiatan ini dipusatkan di SMKN 1 Maluk dan masing-masing sekolah diwakili oleh 5 orang siswa/pelajar yang didampingi oleh Guru TIK. Sekolah yang mengikuti kegiatan ini adalah siswa SMA/SMK dan SMP yang ada di 3 Kecamatan, yaitu sebanyak 9 sekolah.

Dengan fasilitas 6 unit  Deskbook yang ada di  Mobil MCAP, dibantu dengan 3 unit Laptop di Mobil MPLIK, siswa dan pelajar dibimbing untuk bisa menggunakan fasilitas internet dan fitur-fitur yang ada didalamnya untuk membantu mereka mendapatkan informasi-informasi yang bermanfaat bagi pengembangan disiplin ilmu yang telah mereka pelajari di sekolah. Bidang Komunikasi dan Informatika menugaskan operator-operator MCAP dan Media Center Kab. Sumbawa Barat untuk mendampingi siswa/pelajar peserta Sosialisasi Internet Sehat ini tata cara dan tata krama ber-internet yang sehat dan aman. Mereka juga memberi penjelasan bagaimana cara menyaring konten-konten negatif dan asusila agar pengguna internet yang berumur belia ini tidak terkena dampak yang tidak baik bagi perkembangan kejiwaan dan mental mereka. Apalagi  di zaman sekarang ini, survei membuktikan bahwa pengguna jejaring sosial di Indonesia rata-rata adalah usia-usia produktif yaitu rentang usia 14-24 thn sebesar 40 % dan usia 25-34 th sebesar 25,6%. Selain itu pertumbuhan Pengguna jejaring sosial Indonesia menduduki urutan ke-2 terbanyak di Dunia setelah Amerika Serikat.  Oleh karena itu sangat perlu dilaksanakan Sosialisasi Cara Berinternet yang Sehat dan Aman untuk mencegah terjadinya kejahatan yang menggunakan media jejaring sosial. Misalnya, Penculikan, Penipuan, Human Trafficking dll.

Operator MCAP dan Media Center Kab. Sumbawa Barat, menjelaskan kepada siswa/pelajar bagaimana caranya untuk menggunakan fasilitas Browsing Informasi dengan menggunakan Mesin Pencari (Seacrh Engine) misalnya : Google, Yahoo!, MSN, Detik.Com dll. Hal ini dilakukan karena rata-rata siwa/pelajar belum tahu cara browsing informasi di internet. Untuk diketahui, saat para siswa/pelajar peserta sosialisasi diberi kesempatan untuk menggunakan fasilitas internet yang disediakan, hampir 98% yang pertama kali dibuka adalah situs jejaring sosial, FACEBOOK!!. Saat diarahkan untuk memanfaatkan fasilitas Search Engine, tidak semua mengerti dengan yang dimaksud oleh pembimbing. Hal ini disebabkan karena tidak semua sekolah memiliki fasilitas internet sehingga tidak semua siswa/pelajar mengetahui bahwa internet tidak hanya berisi Facebook atau jejaring sosial lainnya, ada banyak sekali informasi-informasi yang berguna untuk menambah pengetahuan mereka baik dalam disiplin ilmu maupun aplikasinya.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Mei 2012
S S R K J S M
« Apr   Jun »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Statistik Blog

  • 18,524 dilihat
%d blogger menyukai ini: