//
you're reading...
Uncategorized

MONITORING TRANSPORTASI DESA TERTINGGAL DI DESA TONGO

(2/4) Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kab. Sumbawa Barat melaksanakan Monitoring dan Evaluasi Transportasi Desa Tertinggal di Desa Tongo Kec. Sekongkang. Monitoring dilaksanakan dalam rangka untuk evaluasi angkutan pedesaan yang bantuan dari Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal dan pembagiannya melalui Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika. Pendanaan Angkutan pedesaan ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal yang dilaksanakan oleh Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kab. Sumbawa Barat pada Tahun 2011 lalu.

Ada 7 unit Mobil tansportasi daerah tertinggal yang dibagikan ke 7 Desa yang ada di Kab. Sumbawa Barat antara lain, Desa Tua Nanga dan Desa Mantar di Kecamatan Poto Tano, Desa Talonang-Tongo di Kec. Sekongkang, Desa Rarak Ronges, Lamuntet dan Salit di Kec. Brang Rea dan Desa Mataiyang di Kecamatan Brang Ene. 7 desa ini merupakan desa yang jalur transportasinya sangat minim karena  akses jalan yang medannya cukup berat untuk dilalui angkutan biasa.

Untuk Pengelolaannya diserahkan ke Badan Usaha Milik Desa Setempat dimana operasionalnya diatur dan dikelola oleh Pemerintah Desa setempat. Hasil dari pengoperasian Mobil angkutan Desa tertinggal ini masuk ke Pendapatan Asli Daerah melalui rekening sumbangan pihak ketiga. Dana yang masuk sebagai PAD ini berasal dari 25% dari hasil bersih setiap bulannya.

Monitoring dan evaluasi dimaksudkan uutuk memantau langsung perkembangan daerah setempat dimana adanya mobil transportasi desa tertinggal ini dimaksudkan untuk meningkatkan ketersediaan sarana dan prasarana pendukung pengembangan ekonomi lokal serta terbangunnya sinergi antara kegiatan yang didanai DAK dengan kegiatan sektor lainnya.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

April 2012
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Statistik Blog

  • 18,524 dilihat
%d blogger menyukai ini: