//
you're reading...
Uncategorized

KABID KOMINFO KSB : “ KAMPUNG MEDIA ADALAH PIONEER….”

 (30/3) Kepala Bidang Komunikasi dan Informatika, Najamuddin Amy, S.Sos. MM,  menyempatkan waktunya untuk bertemu penulis dan menuangkan pemikirannya dalam suatu program yang disebutnya “PROGRAM STRATEGIS KAMPUNG MEDIA 2012” berikut adalah kutipan obrolan penulis dengan beliau :

Penulis (P)        : Menurut Bapak sudah sejauh mana peran serta Kampung Media sebagai salah satu mata rantai informasi di Kab. Sumbawa Barat??

Najamuddin Amy (NA):  Kampung Media adalah pioneer dalam mata rantai itu, namun sebenarnya bukan hanya orang yang terlibat di dalamnya yang menjadi pioneer tetapi program kerja nya juga haruslah pioneer dalam hal penyampaian informasi. Filosofi dibentuknya Komunitas Kampung Media ini adalah untuk mengatasi keterbatasan dan kesenjangan  informasi di masyarakat baik dari Aparatur Pemerintahan maupun antar masyarakat itu sendiri. Tapi, pada kenyataannya di wilayah kita keterbatasan informasi sudah bisa diminimalisasi dengan sudah banyaknya masyarakat yang mengakses informasi baik dari media cetak terbitan lokal ataupun dari Media Elektronik, misalnya Televisi. Nah, kini fungsi Komunitas Kampung Media ini sudah tak lagi hanya sekedar menyampaikan informasi ke masyarakat namun juga harus mampu menyaring informasi yang diperoleh masyarakat melalui media yang saya sebutkan tadi. Jangan sampai informasi yang dikonsumsi masyarakat menjadi racun dalam pemikiran mereka yang seharusnya menjadi obat bagi setiap permasalahan yang dihadapi dalam kehidupan mereka sehari-hari.

P                  :  Bagaimana seharusnya  bentuk kegiatan-kegiatan Kampung Media agar dapat langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat setempat??

NA            : Banyak sekali bentuk-bentuk kegiatan yang dapat dilakukan Komunitas ini minimal sudah melaksanakan program-program strategisnya, misalnya antara lain :

  1. Program Sinergitas atau program terpadu dengan aparatur Pemerintahan baik di tingkat Desa, Kecamatan ataupun Kabupaten. Di Tingkat Desa Komunitas Kampung Media dapat bersinergi dengan Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM), PNPM, dll. Di tingkat Kecamatan Komunitas ini bisa bekerjasama dengan aparatur Kecamatan misalnya dalam hal penyuluhan pertanian, Kesehatan, Peternakan dll. Sedangkan di tingkat Kabupaten, Komunitas ini bisa dipadukan dengan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang telah dibentuk Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika dimana KIM ini memiliki tugas dan fungsi yang sama dengan Komunitas Kampung Media yaitu Menyampaikan Informasi .
  2. Program Komparasi Informasi dengan Daerah lain. Melalui Komunitas ini kita bisa membandingkan informasi kondisi daerah kita dengan daerah lain dengan harapan paradigma-paradigma lama yang sudah tidak bermanfaat dapat digantikan dengan paradgma baru dengan mengacu pada kondisi daerah lain yang sudah melaksanakannya terlebih dahulu. Misalnya: pemanfaatan teknologi tepat guna, contoh : pemakaian Minyak tanah yang dapat diganti dengan Bio Gas. Sehingga permasalahan-permasalahan yang kita hadapi sehari dapat dijawab melalui informasi-informasi yang disampaikan Komunitas ini ke Masyarakat.
  3. Program Akselerasi atau    penyesuaian informasi. Jangan sampai ada ketimpangan informasi atau informasi yang tumpangtindih di masyarakat. Melalui Komunitas ini kita bisa menginformasikan ke masyarakat tentang terobosan-terobosan baru yang diciptakan untk merubah stigma masyarakat yang cenderung tertutup. Sehingga nantinya diaharapkan akan terjadi tarnsfer ilmu dan wawasan.

Melalui program-program diatas maka Komunitas ini harus mampu memberikan solusi pemecahan permasalahan kehidupan bagi masyarakat.

P                                 :  Apakah program-program yang bapak sebutkan tadi merupakan Program-Program Strategis yang akan bapak terapkan pada Komunitas Kampung Media ini?

NA                                :  Ya, program-program itu dapat dijadikan  oleh rekan-rekan Kampung Media sebagai program strategis, bahkan dapat kita uraikan menjadi kegiatan-kegiatan yang menyenangkan yang jauh dari kesan “kewajiban adalah beban yang harus dilaksanakan”

P                                      : Kira-kira apa saja ide kegiatan yang menarik untuk dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi Komunitas ini?

NA                                :  Untuk program diskusi dan sharing iinformasi kita bisa adakan kegiatan “Bagesa  Bale Ronda”misalnya, dimana disini nantinya dengan suasana kekeluargaan kita dapat berdiskusi dengan nyaman dan santai, karena diharapkan dari diskusi itu nanti harus ada sesuatu yang bisa dijadikan pembelajaran. Selain itu kita juga bisa mengisi rohani kita melalui kegiatan “ Serambi Masjid Kampung Media” misalnya. Dimana nantinya diajang ini kita bisa melaksanakan pengajian bersama dengan masyarakat dengan mengusung “Pengajian Ala Kampung Media” yang tentu saja akan berbeda dengan pengajian-pengajian lainnya. Dari sektor pendidikan anak, kita bisa mengadakan kegiatan “Bermain internet sehat bareng Kampung Media” misalnya, dikegiatan ini kita bisa membimbing anak-anak  untuk memanfaatkan internet secara sehat. kita jga bisa mengadakan kegiatan sosial misalnya dengan melakukan knjungan ke keluarga tidak mampu, Panti Asuhan, dan orang-orang yang terkena musibah. InsyaAllah kegiatan-kegiatan yang sudah kami program di Bidang komunikasi dan Informatika dapat disinergikan dengan program rekan-rekan komunitas kampung media.

P                                     :  Terakhir pak, Apa harapan bapak dengan adanya komunitas Kampung Media ini??

NA                                 :   Harapan saya dengan adanya Komunitas  Kampung Media ini akan mampu merubah Mindset Masyarakatdari Urban Orinted menjadi Villages Oriented. Hidup di Desa itu lebih baik apabila kita menguasai ilmu dan teknologi daripada hidup di kota dengan segala permasalahannya.

Semoga dapat menjadi pertimbangan bagi rekan-rekan komunitas kampung media dalam menyusun langkah-langkah baru dalam program unggulan masing-masing. Selamat berkarya!!!

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Maret 2012
S S R K J S M
« Feb   Apr »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Statistik Blog

  • 18,524 dilihat
%d blogger menyukai ini: