//
you're reading...
Uncategorized

ANTUSIASME MASYARAKAT TALIWANG JELANG PEMINDAHAN PASAR UMUM KE TANAH MIRA

ImageKomedik (28/2), Suasana Kota Taliwang kini dalam keadaan harap-harap cemas, senang, bingung, khawatir, bercampur jadi satu dengan digaungkannya berita pemindahan pasar umum ke lokasi yang baru yaitu di Tanah Mira Lang Sesat Kota Taliwang. Masyarakat khususnya pedagang yang berjualan  di Pasar kini sedang berusaha memperjuangkan nasibnya untuk mendapatkan loss atau kios untuk berjualan di Pasar yang baru. Suasana pengundian tempat bagi pedagang sembako kemarin cukup alot. Hal ini terjadi karena pedagang yang tidak sabar berebut nomor undian lokasi kios. Pemerintah Daerah dalam hal ini melalui Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Daerah sedang membagi dan mengatur penempatan pedagang sesuai dengan sket lokasi yang sudah ditentukan sebelumnya.

Dalam pertemuan tersebut, pedagang menginginkan pembagian lokasi  yang adil sesuai peruntukannya, Karena sesuai dengan himbauan Bupati Sumbawa Barat bahwa Pasar Umum akan mulai dipindahkan sejak tanggal 24 Februari kemarin. Akan tetapi karena masih ada selisih pendapat mengenai penempatan lokasi, pemindahan tersebut hingga berita ini diturunkan belum mendapat jawaban pasti. Sedangkan sesuai dengan pengumuman yang disiarkan bahwa Menteri Perdagangan akan meresmikan Pasar Umum ini tanggal 2 Maret 2012 dengan kondisi Pasar telah digunakan untuk transaksi jual beli.

Ada sedikit rasa pesimis yang berhembus di kalangan masyarakat khususnya Kota Taliwang, bahwa akan membutuhkan proses yang lama untuk beradaptasi dengan pindahnya Pasar Umum ke Lokasinya yang baru. Masyarakat akan membutuhkan dana lebih untuk biaya transportasi menuju pasar. Dengan harga sembako saat ini yang cukup tinggi ditambah dengan membengkaknya biaya transportasi, masyarakat khawatir akan makin naiknya harga jual barang-barang lainnya karena jauhnya jarak tempuh ke lokasi Pasar Umum ini. Bila sebelumnya dengan uang 20 ribu, bisa untuk membeli beras dan lauk pauknya kini harus ditambah 10 ribu lagi untuk biaya transportasinya bagi msyarakat yang harus menggunakan jasa Ojek atau andong untuk pulang pergi ke pasar. Sementara Upah Minimum Kabupaten sesuai dengan Surat Edaran Gubernur NTB sebesar Rp. 950 ribu belum diterapkan di Ibukota Kabupaten yang mempunyai misi menjadi Kabupaten Percontohan ini.

Namun antusiasme berbeda ditunjukkan oleh Karyawan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa Barat, menyambut kedatangan Menteri Perdagangan yang akan meresmikan Pasar Umum, mereka dengan penuh semangat berusaha untuk mempercantik lokasi pasar dengan melaksanakan gotong royong dan penanaman pohon bersama yang diprakarsai oleh Ibu-ibu dari Organisasasi Wanita dan PKK. Mereka mempercantik lingkungan pasar dengan menanam Pohon dan bunga-bunga di taman-taman yang ada di lingkungan Pasar Umum ini.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Februari 2012
S S R K J S M
« Jan   Mar »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
272829  

Statistik Blog

  • 18,524 dilihat
%d blogger menyukai ini: