//
you're reading...
Uncategorized

LOMBA KREASI PENYEKAN

Komedik (23/2), Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa Barat mengadakan “Lomba Penyekan” yang diikuti oleh seluruh SKPD dan institusi yang ada di Kab. Sumbawa Barat kemarin (21/2). Lomba ini merupakan agenda rutin tiap tahun dilaksanakan selain untuk melestarikan budaya Sumbawa juga untuk memaknai hari besar ini dengan nilai-nilai islam. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, kali ini Lomba Penyekan di mulai dari Alun-alun Kota Taliwang diarak menuju Masjid Agung Darussalam. Untuk diketahui Lomba Penyekan ini merupakan rangkaian kegiatan dari “Festival Darussalam”  yang diselenggarakan oleh Bagian Kesra Setda Kab. Sumbawa Barat yang bekerjasama dengan Dinas ESDM Budpar serta instansi-instansi lain yang terkait. Berbagai tema di usung oleh masing-masing SKPD, dengan memakai busana muslim dan adat sumbawa diiringi oleh alunan musik rebana peserta mengikuti kegiatan ini dengan antuasiasme yang tinggi. Acara dibuka oleh Bupati Sumbawa Barat, KH. ZULKIFLI MUHADLI dimana di moment ini juga diundang Sultan Sumbawa Kaharuddin IV beserta Permaisuri.

Acara berlangsung semarak saat Penyekan mulai diarak menuju Masjid Agung Darussalam. Peserta berlomba-lomba menampilkan yang terbaik dari kelompoknya karena Pemenang dari kegiatan akan mendapatkan hadiah utama yaitu Uang Tunai Rp. 15 jt. Penyekan dinilai oleh tim Juri sebelum mulai diarak hingga tiba di Masjid Agung Darussalam. Setiap Penyekan diisi dengan berbagai macam panganan khas masyarakat KSB misalnya : Me’ minyak, Tepung Gayong, Cucur, Talam Manis, Ure, dll tak ketinggalan ” Male” yang diujungnya digantung sebutir telur yang sudah dihias sebegitu rupa hingga Penyekan menarik untuk dilihat.

Pengumuman pemenang dilakukan diakhir diacara dimana Pemenangnya adalah Juara I Kec. Seteluk, Juara II Kec. Poto Tano, Juara III Kel. Dalam, Juara IV Masjid Besar Nurul Falah dan Masjid At-Takwa Bosok. Sedangkan Juara Favorit adalah Kec. Sekongkang, Kec. Jereweh, Kel. Sampir dan SDN 1 Taliwang. Setelah berdoa bersama acara ditutup dengan berfoto bersama Bupati Sumbawa Barat, Sultan Kaharuddin IV serta Permaisuri.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Februari 2012
S S R K J S M
« Jan   Mar »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
272829  

Statistik Blog

  • 18,524 dilihat
%d blogger menyukai ini: