//
you're reading...
Uncategorized

Lagi, Petani Gagal Panen!

Kalimantong,(29/9). Musim hujan yang tak kunjung datang kini mulai berimbas kepada petani yang ada di Kalimantong. Kekeringan yang melanda tahun ini cukup meresahkan, karena tidak seperti tahun-tahun sebelumnya musim kemarau terlampau panjang sehingga debit air bendungan tak mampu lagi mengairi sawah-sawah di desa ini. Kondisi ini mengakibatkan melambungnya harga beras yang ada di Kabupaten Sumbawa Barat. Kekeringan merupakan hal yang lazim dialami petani tiap tahunnya. Namun tidak separah kondisi saat ini, dimana hujan sangat minim sehingga stok air yang ada tak mampu memenuhi kebutuhan petani.

Sempat terlintas akan mengganti tanamannya dengan palawija, namun kondisi tanah yang terlalu basah juga tidak bagus untuk pertumbuhan palawija. Sawah-sawah yang ada di desa ini sebagian besar masih sangat bergantung pada curah hujan atau sawah tadah hujan. Sehingga ketergantungan akan air dari bendungan cukup tinggi. Survei dilapangan sudah cukup menjawab semua pertanyaan yang ada. Sudah ada bantuan mesin pompa air untuk petani-petani yang berada dekat dengan sungai, namun bantuan tersebut terlambat disalurkan. Padi-padi sudah terlanjur menguning kering ketika bantuan tersebut sampai di tangan petani. Petani rugi besar karena modal awal yang mereka keluarkan cukup besar sedangkan panen yang mereka harapkan bisa menutupi kebutuhan mereka hingga musim tanam berikutnya kandas.

Petugas Penyuluh Pertanian yang diharapkan dapat menjadi jembatan mereka pada Pemerintah setempat tak lagi bisa diandalkan. Petani kurang diperhatikan kebutuhannya, keluhan mereka pun jarang didengar. Sampai kapan kondisi ini akan berlangsung, semoga para petinggi disana dibuka pintu hatinya dalam persoalan ini.

 

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

September 2011
S S R K J S M
« Jul   Nov »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Statistik Blog

  • 18,524 dilihat
%d blogger menyukai ini: