//
you're reading...
Uncategorized

POLA TANAM DI KALIMANTONG BERVARIASI

Memasuki musim tanam kali ini ada yang berbeda dari pola tanam masyarakat petani Desa Kalimantong. Biasanya para petani menggunakan pola tanam yang sama.Namun kali ini pola tanam bervariasi,terbagi menjadi dua pola tanam. Beberapa petani menanami sawahnya dengan padi dan beberapa petani yang lain menanami sawahnya dengan palawija. Namun jika melihat kebiasaan tahun kemarin sebenarnya musim tanam sekarang ini adalah padi. Pola tanam ini berbeda karena kondisi curah hujan yang tak menentu di Kalimantong sehingga mempengaruhi  jumlah volume air yang digunakan untuk mengairi sawah di masing- masing persawahan .

Di Kalimantong sendiri terbagi beberapa persawahan ( Lang ). Lang Brang mate yang memiliki volume air yang kurang karena memang jarak dengan irigasi cukup jauh lebih banyak di tanami palawija seperti kedelai dan kacang panjang. Lang Longkak Mokok lebih dominan ditanami padi.

Setelah dikonfirmasi kepada para petani, petani yang menanam padi beralasan karena melihat jumlah pasokan air yang masih cukup dan cocok untuk di tanami padi. sedangkan petani yang menanami sawahnya dengan palawija takut melihat pasokan air yang ada jika ditanami padi maka akan rugi.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Juli 2011
S S R K J S M
    Sep »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Statistik Blog

  • 18,524 dilihat
%d blogger menyukai ini: