//
you're reading...
Uncategorized

Festival Kebo, Saka Guru Budaya Sumbawa

(Komedik,1/2012) Festival Kebo adalah suatu kegiatan yang baru pertama kali dilaksanakan di “tana samawa”, dengan mengundang para pecinta kerbau se-pulau Sumbawa. Berawal dari ide para pecinta kerbau di Kabupaten Sumbawa Barat untuk ikut terlibat pada kegiatan Harlah Kabupaten Sumbawa Barat 20 November 2011 lalu, lahirlah ide untuk mengadakan kegiatan Festival Kebo yang akan melibatkan seluruh pecinta kerbau se-Pulau Sumbawa. Selain itu, Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyukseskan Program Unggulan Propinsi Nusa Tenggara Barat yaitu Bumi Sejuta Sapi dan melestarikan Budaya Tana Samawa.

Festival Kebo memiliki beberapa rangkaian acara yaitu Seminar Kebo, yaitu forum dialog bagi para pecinta kerbau yang bertujuan untuk menyatukan visi dan misi pelestarian budaya tau samawa melalui Barapan Kebo ini. Setelah melaksanakan Seminar Kebo’ kegiatan dilanjutan dengan Parade Kebo yaitu memamerkan hasil kreasi para pecinta kebo untuk menghias kerbau pacu milik masing-masing.Parade Kebo dilaksanakan di depan Graha Fitrah Komplek Kantor Bupati Sumbawa Barat yang dihadiri oleh Pejabat Pemerintah Daerah KSB dan Kab. Sumbawa serta masyarakat umum.Puncak acaranya adalah Barapan Kebo yang dilaksanakan di Desa Mura Kec. Brang Ene. Ada bermacam-macam kreasi hiasan Kerbau yang dipamerkan pada acara ini. Termasuk “tau ngumang” yaitu orang yang mengumumkan kepada khalayak banyak tentang kehebatan kerbau miliknya sekaligus menantang pemilik kerbau lain untuk mengadu kehebatan kerbau masing-masing.

Barapan Kebo adalah salah satu permainan rakyat yang sangat digemari oleh masyarakat Sumbawa. Dengan adanya “festival kebo” ini maka masyarakat Sumbawa khususnya Masyarakat Kab. Sumbawa Barat memiliki wadah untuk menyalurkan hobbi dan kegemarannya. Apalagi jika Festival Kebo ini menjadi agenda rutin tiap tahun maka dapat dijadikan sebagai salah satu obyek wisata unggulan di Kab. Sumbawa Barat dalam rangka menyukseskan Program Visit Sumbawa-Lombok 2012 yang dicanangkan Gubernur Nusa Tanggara Barat.

About these ads

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Januari 2012
S S R K J S M
« Des   Feb »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Statistik Blog

  • 12,055 dilihat
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.354 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: